Lima Kegagalan Ernesto Valverde dalam Laga Barcelona vs Liverpool

pelatih Barcelona

Ernesto Valverde menjadi sosok yang disalahkan dan dikritik habis atas kekalahan Barcelona dalam Liga Champions musim ini. Valverde dinilai sudah melakukan lima kesalahan ketika laga Barcelona vs Liverpool dengan akhir laga skor 0-4.

Barca akhirnya gagal meneruskan langkah di babak semifinal setelah gagal dengan skor 3-4. Pada laga putaran kedua, Rabu (8/5/2019) dinihari WB, Blaugrana tidak berhasil bermain seri karena dominasi Liverpool yang membuat mereka berhasil menekan lawan dengan gol dari para pemain, seperti Giorgino Wijnaldum dan Divock Origi.

Kekalahan tersebut menjadikan harapan Barca kandas mencapai babak final Liga Champions musim ini. Sebelumnya, tim ini terakhir kali melakukannya pada musim 2014-2015. Sebelumnya, Barca juga inin mengunci pencapain mereka dengan raihan treble setelah meraih gelar juara LaLiga, dan masuk ke final Copa del Rey.

Berikut lima kesalahan pelatih Barcelona ini dalam laga kekalahan mereka dalam laga Barcelona vs Liverpool.

Starting XI yang tidak berubah

Sebelumnya, barca sukses dengan skor 3-0 di Camp Nou pada putaran awal. Barca ditolong pemain terbaik mereka yakni Lionel Messi, yang membukukan dua gol. Nah, pada laga kedua, p[elatih Liverpool yakni Juergen Klopp tampil mendominasi Barca dan merusak pertahanan mereka.

Permainan Coutinho

Cedera yang dialamo Ousmane Dembele membuat Philippe Coutinho diturunkan. Coutinho tampil dengan sikap yang buruk, dan itu mempengaruhi penampilannya di lapangan. Dinilai jika gelandang timnas Brasil tersebut tidak layak tampil dalam laga ini.

Pemain pengganti yang kurang baik

Mengejutkan jika Barcelona tampil laga dengan skema sama seperti minggu lalu, terutama saat mereka seharusnya lebih baik bersama Nelson Semedo daripada Coutinho. Hal tersebut kemudian terjadi saaat Arthur Melo menjadi pengganti Arturo Vidal, sebelum Malcom menjadi pengganti menggantikan Ivan Rakitic namun mereka tidak memberikan pengaruh bagi tim.

Tertekan dan Arthur hanya bermain 20 menit

Barcelona tampak tertekan dengan permainan Liverpool dan Vidal tidak dapat mendominasi bola. Arthur sendiri yang merupakan pemain penting saat genting malah tidak tampil lama padahal dia merupakan gelandang terbaik dalam mendominasi bola.

Pemain yang selalu sama

Pada menit ke-74, Ernesto Valverde tidak memainkan Vidal. Pemain Chile tersebut merupakan gelandang tanpa kartu kuning dan menjadi pemain yang layak dimainkan dalam kondisi genting. Akan tetapi, pemain ini ditarik keluar dan Sergio Busquets dan Ivan Rakitic tetap bermain walau tidak berada dalam performa apik.

Leave a Reply